Senin, 18 Agustus 2014

'MDGs'

Diposting oleh Annisa Fauzhiya di 10.22

Millennium Development Goals (MDGs) adalah sebuah komitmen bersama masyarakat internasional untuk mempercepat pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan. MDGs merupakan deklarasi milenium hasil kesepakatan kepala Negara dan perwakilan dari 189 negara Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang mulai dijalankan pada September 2000, berupa delapan butir tujuan untuk dicapai pada tahun 2015. 

Deklarasi itu berdasarkan pendekatan yang inklusif, dan berpijak pada perhatian bagi pemenuhan hak-hak dasar manusia. Di dalam KTT Milenium tersebut juga dihasilkan konsensus yang merangkai upaya-upaya untuk mencapai tujuan MDGs dengan perhatian utama pada hak asasi manusia, tata pemerintahan yang baik, demokratisasi, pencegahan konflik, dan pembangunan perdamaian. 

Pada mulanya, MDGs merupakan sebuah review atas kebijakan pembangunan yang dikeluarkan oleh OECD-DAC pada pertengahan tahun 1990 dan kemudian dimasukkan kedalam Tujuan Pembangunan Internasional (Internasional Development Goals) tahun 2000 dan direvisi menjadi Tujuan Pembangunan Milenium (Millenium Development Goals) pada KTT Milenium. Setiap tujuan (goal) dari MDGs memiliki satu atau beberapa target dengan beberapa indikatornya. MDGs memiliki 8 tujuan, 18 target, dan 48 indikator yang telah disusun oleh konsensus para ahli dari sekertariat PBB, Dana Moneter Internasional (IMF), Organisasi untuk Pembangunan dan Kerjasama Ekonomi (OECD) dan Bank Dunia.

1. Tujuan  : Menanggulangi Kemiskinan dan Kelaparan         
target : Menurunkan proporsi penduduk yang tingkat pendapatannya di bawah $1 per hari       menjadi setengahnya antara 1990–2015. Menurunkan proporsi penduduk yang menderita       kelaparan menjadi setengahnya antara tahun 1990–2015.
2. Tujuan : Mencapai Pendidikan Dasar untuk Semua       
target : Memastikan pada 2015 semua anak dimanapun, laki-laki maupun perempuan, dapat menyelesaikan seluruh pendidikan dasar.
3. Tujuan : Mendorong Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan        
target : Menghilangkan ketimpangan gender di tingkat pendidikan dasar dan lanjutan pada  tahun 2005 dan di semua jenjang pendidikan tidak lebih dari tahun 2015
4. Tujuan : Menurunkan Angka Kematian Anak         
target : Menurunkan angka kematian balita sebesar dua pertiganya, antara 1990-2015
5. Tujuan : Meningkatkan Kesehatan Ibu
target : Menurunkan angka kematian ibu sebesar tiga perempatnya antara tahun 1990 dan 2015
6. Tujuan : Memerangi HIV/AIDS, Malaria, dan Penyakit Menular Lainnya
target : Mengendalikan penyebaran HIV/AIDS dan mulai menurunnya jumlah kasus baru pada tahun 2015
7. Tujuan : Memastikan Keberlanjutan Lingkungan Hidup
target : Memadukan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dengan kebijakan dan program nasional dan mengurangi pengrusakan lingkungan. Mencapai perbaikan yang berarti dalam kehidupan penduduk miskin di  pemukiman kumuh pada tahun 2020
8. Tujuan : Membangun Kemitraan Global untuk Pembangunan
t    target : Memberikan perhatian khusus pada negara-negara miskin.  Dalam kerja samanya dengan negara-negara berkembang, pengembangan dan penerapan strategi untuk para remaja pada pekerjaan yang produktif dan layak. 

s    Tahun 2014  merupakan periode akhir dari program dari MDGs, dimana MDGs atau Millenium Development Goals akan segera berakhir pada tahun 2015. program ini nantinya akan berlanjut pada SDGs atau Suistainable Development Goals.                                                                                                                




t



0 komentar:

Posting Komentar

 

Smile Like You Mean It Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare